-->

cara mengatasi setup unable to create a new system partition or locate an exciting sistem partition lewat cmd

PC sodara saya lagi rusak, karena harddisk internalnya rusak (ngga terbaca) dan ketika pakai hdd internal punya saya ternyata bisa terbaca. Saya simpulkan bahwa hdd internalnya rusak.

Singkat cerita, saya langsung nyari hdd second di kaskus, dan ngga selang lama dapetlah seseorang yg hendak jual hdd miliknya. Kebetulan orang bogor juga. Hari tadi saya cod-an ama dia di plasa jambu dua. setelah deal harga segala macem, ane bawa hdd itu ke rumah untuk proses instalasi window 7.

Begitu sampe rumah langsung deh saya install, dan awalnya berjalan lancar. Pas masuk ke pemilihan partisi disk, di next ngga jalan-jalan malah keluar pop-up windows “Setup was unable to create a new system partition”. Karena penasaran langsung lah tanya mbah google dan dapet ilham di mari –www.*sevenforums.com/installation-setup/260850-setup-unable-create-new-system-partition.html*-.

caranya, ketika lagi ada popup windows tadi, cancel aja sampai pada permulaan mau instalasi, lalu masuk ke comand prompt atau tekan SHIFT+F10.

lalu ketikan perintah berikut :

DiskPart <ENTER>
list disk <ENTER>
select disk 0 <ENTER>
clean <ENTER>
create partition primary<ENTER>
format fs=ntfs <ENTER> akan agak lama nih di sini,
assign <ENTER>
active <ENTER>
exit <ENTER>
exit <ENTER>


Kalau udah tutup jendela CMD nya lalu restart dan biarin booting lagi, dan teruskan proses instalasi nya. dijamin lancar kok gan, ane dah nyoba pas pemilihan disk partisi udah ngga ada kata-kata “Setup Was Unable To Create a New System Partition” lagi.

Tapi dengan cara ini data di HDD akan terformat/terhapus jadi blank ya gan.
LihatTutupKomentar